Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh Selamat Datang Di Blog Komunitas Hidayatullah

Cerita Hikmah

REKOMENDASI:Tampilan Maksimal, Aman dari Virus dan Proses Cepat Gunakan Browser Mozila Firefok, klik Banner di bawah Untuk Download.

Anggota Komunitas:

Wednesday, March 28, 2007

Isteri Yang Ideal Menurut Rasulullah saw

Setiap wanita selalu berangan-angan dalam reluang hatinya agar menjadi wanita yang ideal, dicintai oleh suaminya dan ia sendiri cinta kepadanya serta berhasil dalam kehidupan rumah tangga.
Tidak dapat diragukan lagi, bahwa setiap wanita berusaha keras utnuk medapatkan Ridha suaminya, menjadikan kebahagiaan dan kesenangan selalu menghiasi rumahnya serta hidup tenang bersama suami tercinta. Isteri ideal memiliki tiga sifat-sifat yang istimewa, dan hal ini telah terindikasi dengan jelas sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah saw. Dalam haditsnya, “Sebaik baik wanita adalahyang menyenangkan kamu apabila kamu melihatnya, taat padamu apabila kamu perintah dan menjaga diri dan hartamu pada saat kamu bepergian.”
Dalam riwayat yang lain Rasulullah pernah ditanya oleh seseorang “Siapa wanita yang baik itu, maka Rasulullah bersabda “yang menyenangkan apabila dipandang, menataati apabila diperintah dan tidak melanggar dengan apa yang tidak disukai dalam diri dan hartanya”


  1. Isteri Yang Ideal Berakhlak Baik
    Isteri yang ideal memiliki sifat dan akhlak yang mulia sebagaimana yang ditunjukan oleh Rasulullah saw. Yaitu menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik, menjauhkan dari apa yang tidak halal dan tidak bagus.


  2. Bakti : seseorang isteri harus menunjukan rasa baktinya terhadap suami karena hal itu akan menghantantarkannya ke surga.

  3. Diprioritaskan : lebih memprioritaskan orang lain (suami) daripada dirinya sendiri.Dengan hal itu Allah swt akan menjadikannya termasuk penghuni surga.

  4. Ridha : keridhaan untuk hidup dibawah kasih sayang TuhanNya.

  5. Tawaddhu : “Ister\i yang tawaddhu“ akan menjadikan hamba-hamba yang shalihah.

  6. Ikhlas : orang yang ikhlas tidak akan bersedih atas apa yang telah berlalu. Tidak gembira atas apa yang terjadi dan tidak takut dari apa yang akan datang.

  7. Malu : Karena wanita yang memiliki sifat malu termasuk wanita yang beriman dan wanita yang beriman tidak ada bagi mereka balasan yang sesuai selain surga

  8. Tenang: Hatinya tenang tidak takut dari musibah-musibah dan tidak takut pada kesengsaraan.

  9. Bersyukur : Hatinya mengetahui, bahwa nikmatyang ada adalah karunia dari Allah kemudian hartanya digunakan untuk segala kebaikan yang diridhai Allah swt.

  10. Penyantun : wanita yangbersifat santun akan mendapatkan petunjuk dalam segala tindakannya.

  11. Istiqamah : Melaksanakan perintah-perintah syariat dan menjauhkan diri dari menentang-Nya

  12. Sabar : Kesabaran termasuk salah satu akhlak orang yang beruntung didunia dan di akhirat.

  13. Takwa: Rasa takutmu disalurkan hanya kepada Allah swt, sebagai bentuk persiapan untuk hari keberangkatan dan qanaah (rasa cukupmu) dengan yang sedikit.

  14. Jujur : Kejujuran dicintai oleh Allah dan dicintai oleh manusia.

  15. Menepati Janji: Menepati janji untuk melaksankan hak Allah dan menunaikan hak-hak lainnya.
*Majdi F Al-Sayyid (Ditulis Ulang Oleh N.Amaliah)

No comments: